Bikin bulu kuduk berdiri, 7 lagu ini dilingkupi cerita mistis

Bikin bulu kuduk berdiri, 7 lagu ini dilingkupi cerita mistis

Bikin bulu kuduk berdiri, 7 lagu ini dilingkupi cerita mistis

davidwrightguitar.com - Lagu merupakan olah rasa dan pikiran si pembuatnya. Nggak heran jika nuansa lagu tersebut bermacam-macam, misalnya sedih, bahagia, hingga amarah yang seakan meluap. Semua itu hasil kreasi sang pembuat. Bisa saja dia membuat sebuah lagu terinspirasi pengalaman pahit, bahagia, maupun yang lainnya.

Sama seperti deretan lagu berikut ini, yang nggak cuma bernuansa atau bernada melow dan kalem, tapi ternyata dilingkupi cerita misterius. Bahkan lagu-lagu ini dikaitkan dengan hal mistis atau gaib, lho.

Wah, kira-kira lagu apa saja ya yang dilingkupi kisah misterius nan mistis? Sobat Brilio pasti belum banyak tahu dan gimana sebenarnya, kan? Berikut ulasannya sebagaimana disarikan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (9/7).

1. Sephia milik Sheila On 7.

Banyak kabar beredar bahwa lagu yang tenar pada tahun 2000-an ini diciptakan Eross Candra, sang gitaris, berdasarkan kisah mistis. Disebut-sebut lagu Sephia ini merujuk pada seorang fans Sheila On 7 yang meninggal sebelum sempat bertemu sang idola.

Faktanya nih, guys, suami Sarah Diorita tersebut membantah kabar tersebut. Nggak ada tuh kaitannya dengan hal mistis.

2. Resah milik Payung Teduh.

foto: facebook

Lagu Resah milik band Payung Teduh ini juga dilingkupi cerita mistis. Liriknya "...Aku ingin berdua denganmu ... Di antara daun gugur ... Aku ingin berdua denganmu ... Tapi aku hanya melihat keresahanmu..." disebut-sebut berakar dari catatan puisi teman Aziz Kariko alias Comi eks personel Payung Teduh, yang meninggal gantung diri kala mendaki gunung bersama kawan-kawan lain, termasuk Comi.

Si teman ini memutuskan mengakhiri hidupnya menyusul kekasihnya yang telah terlebih dahulu menghadap Yang Maha Kuasa.

Kabar mistis ini meluas, membuat banyak orang merinding dan merasa miris membayangkannya. Faktanya, Comi nggak suka naik gunung. Selanjutnya, cerita mistis yang mengikuti tersebut salah kaprah. Dalam sebuah video akun YouTube kalaumood project pada Februari 2017 lalu, Payung Teduh mengonfirmasi kebenaran ini.

Sementara cerita horor yang beredar tersebut merupakan hasil persepsi penikmat musik yang pada satu kesempatan diminta untuk mempersepsikan Resah dikaitkan dengan kisah menyeramkan.

3. Ku Katakan Dengan Indah milik Peterpan.

foto: Istimewa

Lagu hits yang dirilis tahun 2004 ini juga nggak lepas dari kabar mistis. Pada menit 4:42 sampai 4:52, suara Ariel digantikan suara wanita yang disebut-sebut mirip suara mendiang Nike Ardilla. Kebetulan, studio rekaman yang digunakan Ariel dan kawan-kawan saat itu merupakan studio yang sering digunakan Nike Ardilla.

Namun pendapat tersebut jadi perdebatan. Ada yang bilang bahwa suara wanita tersebut suara backing vokal wanita. Menurut Sobat Brilio, gimana nih? Cek lagunya lagi berikut ini kali, ya...

4. Thinking Out Loud - Ed Sheeran.

Hampir sama nih dengan Ku Katakan Dengan Indah milik Peterpan, lagu Ed Sheeran ini juga disebut-sebut melibatkan suara misterius di detik ke 44. Tepatnya pada kata heart yang terdengar dibawakan anak kecil.

Menurut kabar yang beredar, suara misterius tersebut adalah suara arwah penasaran yang menghuni studio tempat Ed Sheeran merekam lagu Thinking Out Loud ini.

Versi lain justru menyebut suara tersebut merupakan milik Harry Styles. Mantan personel boyband One Direction ini diduga adalah backing vokal Ed Sheeran sehingga muncul opini Harry tak sengaja atau justru usil memasukkan suaranya.

5. Selepas Kau Pergi milik La Luna.

Lagu melow dari band yang mewarnai masa muda generasi 90-an ini disebut memiliki kisah misterius. Pada menit-menit tertentu seperti ada suara gamelan, alat musik tradisional, atau bunyi ting tung ting tung yang nggak menyatu dengan alunan musik.

Sobat Brilio bisa cek di menit 2:17 sampai 2:27 atau di menit 4:06. Hal tersebut sengaja atau nggak, Sobat Brilio bisa dengerin ulang dalam video di atas seperti apa suara tersebut.

6. Jauh (Tinggal Kenangan) dari band Caramel.

Nah, kalau lagu satu ini viral banget kisah mistisnya pada 2008 lalu. Bahkan ada empat versi yang berupaya menguak maksud lagu ini. Semua versi tersebut berkaitan dengan cinta dan kematian.

Ada yang menyebut dialami sendiri oleh Ega, cowok yang disebut-sebut vokalis Caramel, yang meninggal karena bunuh diri akibat patah hati. Ada pula yang menyebut bahwa Gaby adalah sosok asli penulis lirik bahkan menyanyikan sendiri lagu tersebut. Dikabarkan Gaby meninggal karena bunuh diri lantaran patah hati pula.

Faktanya, seseorang yang mengklaim dirinya sebagai penulis lagu Jauh, yakni Rifai Ilyas atau Pay mengaku nggak tahu menahu soal kisah-kisah mistis yang beredar, lho.

Menilik ke belakang, Pay mengaku membawakan lagu tersebut bersama kawan-kawannya saat momen ulang tahun sanggar seni mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Sang Dipa, Makassar pada 17 Juli 2004.

Lagu Jauh diciptakan gitaris Caramel tersebut setelah dirinya ditinggalkan sang kekasih hati naik pelaminan pada tahun 2003. Hmmm... nggak jauh-jauh dari kisah cinta pilu ya, guys.

7. Lingsir Wengi.

foto: YouTube Nasihat Kakek

Lagu berbahasa Jawa ini tenar saat muncul di film horor Indonesia berjudul Kuntilanak. Ditekankan dalam film ini, Lingsir Wengi merupakan lagu untuk memanggil setan. Waduh!

Faktanya, lagu yang memiliki banyak versi lirik ini adalah media dakwah ciptaan Sunan Kalijaga, lho. Karena menggunakan pakem Durma dalam pakem Macapat (salah satu pakem gending Jawa), maka nuansa lagu Lingsir Wengi begitu pelan, lembut, dan bikin merinding.

Pada zaman Sunan Kalijaga, Lingsir Wengi menjadi bentuk doa penolak bala. Itu artinya, lagu ini menolak hal-hal buruk, gangguan makhluk gaib, sekaligus permohonan pertolongan pada Sang Maha Kuasa lewat salat malam.

Nah, sekarang sudah pada tahu kan, Sobat Brilio? Kabar-kabar yang beredar itu belum tentu kebenarannya. Meski sudah kadung tersebar luas, faktanya sang musisi penciptanya memiliki pendapat tersendiri.

Orang boleh mempersepsikan maknanya, tapi makna sebenarnya hanya si penulis lagu asli yang tahu. Namun begitu, sebagai penikmat musik, kita jadi bisa menambah wawasan beragam versi maupun persepsi orang terhadap sebuah karya lagu.

Sobat Brilio mau tahu lebih banyak tentang musik ataupun film, fashion, teknologi, dan topik-topik yang anak muda banget? Bisa lho cek ke togetherwhatever.id untuk update info-info terkini yang ngehype.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa menulis artikel di Together Whatever via Brilio Creator sesuai topik yang kamu suka. Pencinta musik, fashion, film, sampai video games, bisa banget pilih kategori Popcult. Kamu yang suka nongkrong, bisa tuh nulis di kategori Hipspotters tentang spot-spot nongkrong hits. Kamu pencinta traveling bareng teman-teman, bisa lho nulis di kategori Daytripper. Para techno geek bisa juga nih bikin artikel untuk kategori Technohack.

Kerennya, tulisan Sobat Brilio bakalan tayang di togetherwhatever.id dan berkesempatan dapet hadiah menarik, seperti kamera, LCD TV, hingga movie card. Wihhh... mayan banget kan, tuh? Makanya cus klik di sini untuk informasi selengkapnya.