7 Penyanyi Indonesia ini produseri albumnya sendiri, banjir pujian

7 Penyanyi Indonesia ini produseri albumnya sendiri, banjir pujian

7 Penyanyi Indonesia ini produseri albumnya sendiri, banjir pujian

davidwrightguitar.com - Industri musik Tanah Air terus menelurkan karya-karya segar yang bisa dinikmati semua kalangan. Bintang-bintang baru terus bermunculan mewarnai belantika musik. Siapa sangka usia yang terbilang muda di industri musik, deretan penyanyi ini justru berani unjuk gigi menjadi produser musik. Mereka menjajal menjadi produser musik lewat album terbarunya.

Bukan perkara mudah menjadi seorang produser. Tugas produser musik adalah mengatur dan mengawasi proyek musik dari proses rekaman hingga siap diedarkan ke penikmat musik. Jika biasanya produser musik telah memiliki pengalaman bermusik dalam jangka waktu yang panjang. Lain halnya dengan sederet penyanyi muda Tanah Air yang berani memutuskan untuk menjadi produser musik.

Deretan penyanyi Tanah Air ini rela bekerja ganda menjadi produser sekaligus penyanyi untuk album terbaru mereka. Hal tersebut dilakukan karena mereka bebas menentukan ke mana arah dan bentuk album terbarunya. Karya mereka mendapat respons positif dari para penggemar. Siapa saja mereka? Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/2).

Berikut 7 penyanyi yang jadi produser untuk albumnya sendiri. Adakah idolamu?

1. Maudy Ayunda

foto: Instagram/@maudyayunda

Maudy Ayunda baru saja merilis album terbarunya bertajuk Oxygen. Album tersebut menjadi album pertama yang ia produseri sendiri. Aktris 23 tahun ini membuat album ketiganya sesuai keinginannya. Ia menggandeng sederet musisi seperti Rendy Pandugo, Ifa Fachir, hingga Tatsuro Miller.

Dikutip dari Antaranews pada Selasa (20/2), Maudy Ayunda menyebutkan bahwa penulisan album Oxygen ini adalah proses menemukan jati dirinya. Album ini jadi karya Maudy yang sesuai dengan passionnya.

2. Gita Gutawa 

foto: Instagram/@gitagut

Sebelum Maudy Ayunda, muncul nama penyanyi Gita Gutawa yang juga menjadi produser untuk albumnya sendiri. Gita Gutawa menciptakan lagu hingga melakukan aransemen sendiri untuk album Next Chapter. Album tersebut dianggap Gita sebagai proses pendewasaan dalam bermusik. Sang ayah Erwin Gutawa pun mendukung penuh keputusan anak sulungnya.

Kini Gita Gutawa telah dikenal sebagai produser musik anak-anak lewat proyek bertajuk Di Atas Rata-Rata. Sederet penyanyi cilik sukses dibesarkan oleh Gita Gutawa seperti Lyodra hingga Woro.

3. Raisa Andriana

foto: Instagram/@raisa6690

Tak hanya menjadi penyanyi, Raisa Andriana juga menjadi produser eksekutif pada album Heart To Heart di tahun 2013 lalu. Raisa Andriana mengaku mendapat pelajaran dan pengalaman dari proses produksi album keduanya. Kini Raisa juga dikenal memiliki perusahaan rekaman indie sendiri bernama Juni Records.

4. Agnez Mo

foto: Instagram/@agnezmo

Penyanyi Indonesia yang sudah go internasional, Agnez Mo pernah memproduseri albumnya sendiri. Album berjudul SACREDLY AGNEZIOUS, Agnez juga merangkap sebagai produser musik. Ia ingin terlibat penuh dalam pengambilan keputusan untuk albumnya yang rilis secara terbatas. 5. Andien Aisyah

foto: Instagram/@andienaisyah

Pada album terbaru dari Andien Aisyah berjudul Metamorfosa, ibu satu anak ini menggarap album secara indie. Dalam album terbarunya, Andien merangkap sebagai produser musik. Ia terlibat penuh dalam penggarapan setiap detilnya. Ibu dari Kawa ini merasa tertantang dalam proses produksi albumnya.

6. Once Mekel

foto: kapanlagi.com

Tahun 2015 lalu, Once Mekel merangkap menjadi produser untuk album solonya. Dirinya mengaku lebih bisa mengeluarkan seluruh keinginannya dengan maksimal ketika menjadi produser. Once Mekel pun mengaku lebih puas saat menggarap albumnya sendiri ketika berperan sebagai produser.

7. Judika

foto: kapanlagi.com

Penyanyi jebolan Indonesian Idol pada album ketiganya Judika Mencari Cinta berlaku sebagai produser. Tak sekadar menciptakan lagu, Judika benar-benar memerhatikan setiap proses rekaman. Mulai dari pemilihan lagu, rekaman, hingga mastering. Lewat single Mama Papa Larang, album Judika pun dinikmati penggemarnya.